Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

Image

Panduan Jurnal

Panduan Jurnal

PANDUAN BAGI PENULIS NASKAH

 

      Jurnal Kesehatan ini menerbitkan naskah berupa penelitian ilmiah di bidang kesehatan meliputi, kesehatan masyarakat, keperawatan, kebidanan, kesehatan lingkungan, radiodiagnostik dan fisioterpi.

         Naskah yang dikirim kepada Redaksi adalah naskah yang belum pernah dan tidak akan dipublikasikan ditempat lain baik dalam bentuk cetakan atau media lain. Pengirim naskah bertanggung jawab atas keaslian dan substansi naskah. Redaksi tidak bertanggungjawab bilamana ada tuntutan hokum disebabkan penayangan ditempat lain. Dewan penyunting berhak mengedit untuk kesamaan format, gaya dan kejelasan tanpa mengubah spasi.

         Naskah diserahkan dalam bentuk file (compact disc/flash disc), memakai program pengolah kata MS Word dengan jenis font Times New Roman 11.  Naskah dicetak pada kertas HVS 70 gram ukuran A4 dengan jarak 2 spasi pada satu sisi (tidak bolak-balik) dengan panjang tulisan maksimal 20 halaman. Margin atau batas tulisan dari pinggir kertas 2,5 cm pada keempat sisi. Naskah diketik dalam satu kolom. Naskah diserahkan ke alamat:

LP3M STIKes Cirebon

Jl. Brigjen Dharsono No. 12B Cirebon

Telp. (0231) 247852, Fax (0231) 223195

E-mail: lp3m_stikescrb33@yahoo.co.id

Website: http//www.stikescirebon.com

 

Sistematika Penulisan sebagai berikut:

1.     Judul di tulis maksimal 14 kata

2.     Identitas peneliti ditulis di catatan kaki di halaman pertama

3.     Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 200 kata, dalam satu alinea mencakup masalah, tujuan, metode, hasil, disertai dengan 3-5 kata kunci

4.     Pendahuluan tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian

5.     Metode dijelaskan secara rinci, desain, populasi, sampel, teknik/instrument pengumpulan data, prosedur analisis data.

6.     Hasil dan pembahasan memuat hasil penelitian (sesuai dengan parameter yang diamati). Disertai pembahasan ilmiah dan argumentasi yang mendukung

7.     Tabel diketik 1 spasi sesuai urutan penyebutan dalam teks. Jumlah maksimal 6 tabel dengan judul singkat

8.     Simpulan dan saran menjawab masalah penelitian tidak melampaui kapasitas temuan, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

9.     Rujukan sesuai aturan Vancouver, urut sesuai dengan pemunculan dalam keseluruhan teks, dibatasi maksimal 25 rujukan dan 80% merupakan periode publikasi 10 tahun terakhir.

Cantumkan nama belakang penulis dan inisial nama depan. Maksimal 6 orang, selebihnya diikuti’dkk(et al”). Huruf pertama judul ditulis dengan huruf besar, selebihnya dengan huruf kecil, kecuali penamaan orang, tempat dan waktu. Judul tidak boleh digaris bawah dan ditebalkan hurufnya.

Contoh bentuk referensi:

Artikel Jrnal Penulis Individu

Fathi, Keman S, Wahyuni CU. Peran faktor lingkungan dan perilaku terhadap penularan demam berdarah dengue di kota Mataram. Jurnal Kesehatan Lingkungan.2005;2(1)

Buku yang ditulis Individu

Azwar A. Pengantar epidemiologi. Edisi Revisi. Jakarta: Binarupa Aksara;1999

      Artikel Koran

Tynan T. Medical Improvements lower homicide rate:study sees drop in assault rate. The Washington Post.2002 Aug 12;Sect.A:2(col.4)

CD-ROM

Anderson SC, Poulse KB.Anderson’s electronic atlas of hematology [CD-ROM]. Philadelphia:Lippincott Williams & Wilkins;2002

Internet

Walthur C. The disaster management cycle. [diakses tanggal 22 Januari 2008]. Diunduh dari: http://www.grdc.org/uem/disaster/1-dm_cycle.html.

      Tesis/Disertasi

      Tjandrarini DH. Hubungan antara factor karakteristik ibu dan pelayanan kesehatan dengan pemberian kolostrum lebih dari satu jam pertama setelah melahirkan: analisis data sekunder survey demografi kesehatan Indonesia 1997 [tesis]. Depok:Universitas Indonesia;2000

      Makalah pada konferensi/seminar ilmiah

      Roesli U. Mitos menyusui. Makalah disampaikan pada Seminar Telaah Mutakhir tentang ASI. Bali: FAOPS-Perinasia;2001

 

Facebook

Twitter

Subscribe